Dishub PGK ...

Anggota Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang Ikut Memeriahkan Tradisi Ruwahan

Masyarakat di Bangka Belitung memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan suci Ramadhan adalah Ruwahan, atau sedekah ruwah yang merupakan upacara penyambutan kedatangan bulan suci Ramadhan.

Ruwahan dilakukan pada pertengahan bulan Sya’ban. Pada bulan tersebut masyarakat biasanya melakukan acara bersih kubur dan ziarah ke kuburan keluarga masing-masing.

Sementara, memasuki pekan pertengahan bulan Sya’ban Anggota Dinas Perhubungan Kota pangkalpinang ikut hadir dalam tradisi ruwahan dan dilihat dari daerah tersebut  masyarakat sekitarnya melaksanakan acara sedekah ruwah dengan menyiapkan makanan seperti nasi beserta lauk pauk gulai ayam, ikan, atau daging sapi, kue, dan buah-buahan serta anggota Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang menikmati hidangan yang sudah disiapkan.

Tradisi Ruwahan dinikmati oleh Anggota Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang. Anggota Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang berkunjung tradisi ruwahan pada hari Selasa 30 Maret 2021 di salah satu rumah Anggota Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang lokasi Bencah.

Tradisi Ruwahan ini setiap tahun dilakukan dan Anggota Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang ikut memeriahkan tradisi ruwahan, karena tradisi ruwahan merupakan bentuk penghormatan terhadap arwah orang yang sudah meninggal dan merupakan warisan turun menurun. Ruwah berarti arwah leluhur atau nenek moyang jadi ruwahan berarti bulan mengenang arwah leluhur atau nenek moyang.

Tradisi Ruwahan yang ikut dimeriahkan oleh Anggota Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang berjalan dengan aman dan lancar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.